Fakta

Jangan Sering-Sering Melakukan Swafoto! Ini Alasannya.

Jangan Sering-Sering Melakukan Swafoto! Ini Alasannya – UniKu.net

Swafoto

Swafoto atau selfie, kegiatan yang rutin atau sering dilakukan anak muda untuk mengabadikan moment-moment pentingnya. Namun, akhir-akhir ini kegiatan tsb sring menimbulkan malapetaka, hal itu terbukti dengan banyaknya laporan kecelakaan yang berhubungan dengan selfie.

Dr. Ari.F Syam selaku praktisi kesehatan juga mengatakan, “disatu sisi swafoto membawa dampak positif untuk mental seseorang. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, hal itu dikelompokan sebagai gangguan kesehatan yang disebut selfitis”.

Swafoto

Selfitis adalah seseorang yang sudah mengalami kecanduan untuk melakukan swafoto. Selfitis dibagi menjadi 3 kelompok, yang pertama disebut selfitis borderline, selfitis akut, selfitis kronis. Pembagian ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di India salah satu negara dengan angka kematian tertinggi yang berhubungan dengan swafoto.

Apa itu selfitis borderline, akut, dan kronis? Ini penjelasannya.

Swafoto

  • Borderline atau mengambil gambar swafoto sebanyak 3 kali dalam sehari tetapi tidak di unggah ke sosmed.
  • Akut, mengambil foto selfie sebanyak 3 kali dalam sehari dan mengunggah seluruh fotonya ke sosmed.
  • Kronis, jika keinginan membuat foto selfie tidak terkendali dan mengunggahnya ke sosmed lebih dari 6 kali per hari..

“Pada penelitian tersebut, 34 persen responden mengalami selfitis borderline, 40,5 persen mengalami selfitis akut, dan 25,5 persen mengalami selfitis kronis,” ujarnya.

Swafoto

Banyak terjadi kecelakaan yang membuat pelaku swafoto mengalami luka-luka bahkan sampai menyebabkan kematian. “Oleh karena itu, memang tidak dianjurkan untuk melakukan swafoto ketika berada di ketinggian, saat sedang berolah raga, atau sedang berada di sekitar hewan liar. Bahkan, dibeberapa negara, telah melarang masyarakatnya melakukan swafoto saat mengemudi dan saat sedang berjalan kaki,” paparnya.

Swafoto

Tindakan selfie sendiri malah sering dilakukan oleh kaum laki-laki yang mencapai 57,5 persen tidak seperti perempuan yang hanya mencapai 42,5 persen.

Menurut penelitian, bahwa yang berumur 16 – 20 tahun lebih beresiko terkena peyakit ini. Sebanyak 9 persen responden melakukan selfie lebih dari 8kali dalam sehari dan sekitar 25 persen membagi setidaknya 3 foto ke-sosmed setiap hari.

Swafoto

Nah, mulai sekarang lebih hati-hatilah dalam melakukan kegiatan rutin ini, salah-salah bisa terjadi hal” yang tdk diinginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

UniKu.net - Yang Unik Memang Asyik, kumpulan informasi dan berita unik, menarik, kabar viral, gosip, fakta, hiburan, teknologi, gaya hidup, kesehatan. Disajikan berdasarkan sumber yang relevan.

© 2016 UniKu.net. All Right Reserved

To Top